Monday, December 11, 2023

Haji Reguler


Umat Muslim sedang menunaikan ibadah haji

Berurusan dengan bank syariah, seingat saya baru sekali, saat buka tabungan haji reguler, tahun 2021, di Bank Syariah Mandiri, yang sekarang sudah merger menjadi Bank Syariah Indonesia, saya cek di daftar tunggu, ternyata 25 tahun. Lama sekali,

Jika diberi kesempatan dan umur panjang, setelah pensiun, baru bisa ke tanah suci. Agak menyesal, karena telat daftar, padahal saudara sudah menyarankan, mumpung masih muda, segera daftar haji, tapi apa daya, uang belum ada.

Sekedar saran, jika memang ada niat untuk melaksanakan ibadah haji, jangan ditunda-tunda, segera daftar ke bank syariah terdekat. Karena antriannya sungguh sudah sangat panjang. Setiap tahun, calon jamaah haji yang mendaftar semakin banyak, tetapi kuota haji tidak bertambah signifikan.

Jika memang mempunyai rezeki yang berlebih, memang sebaiknya mendaftar haji non regular, haji plus. Antrianya tidak terlalu lama. Tetapi biayanya memang lebih mahal dari haji yang reguler. Terserah saja. Sesuaikan dengan kemampuan. Karena ibadah haji memang diwajibkan bagi yang mampu.

Saya coba cek kuota haji untuk Jakarta tahun 2023, sejumlah 7926 orang jamaah, berarti yang sudah mendaftar dan antri, jika dihitung kasar sekira 200 ribu calon jamaah haji. Jika dikalikan dengan setoran awal sebanyak 25 juta, maka muncul angka sekira 5 trilyun, hanya untuk calon daftar tunggu di Jakarta.

Sedangkan pendaftar haji sampai dengan hari ini sejumlah 5.247.851 sumber: kemenag.go.id. Jika 50% nya saja, yang sudah membayar lunas, uang pendafataran haji, bisa dihitung, berapa potensi uang calon jamaah haji, yang bisa dikelola oleh bank-bank syariah di Indonesia. Besar sekali.

gambar: www.kompas.com

No comments:

Post a Comment